Pull up merupakan salah satu jenis exercise yang cukup sulit untuk dilakukan, karena untuk melakukan pull up kita harus dapat mengangkat berat badan kita sendiri. Hal ini membuat banyak orang tidak dapat melakukan exercise ini. Jika anda merupakan salah satu orang yang belum bisa melakukan pull up, saya akan mencoba untuk membagi pengalaman saya. Saya pribadi dulu juga tidak bisa melakukan exercise ini, akan tetapi skarang saya sudah dapat melakukan pull up. Berikut adalah lima cara untuk dapat melakukan pull up:

Mengurangi Berat Badan

 Seperti yang saya jelaskan diatas, pull up mengharuskan kita untuk dapat mengangkat berat badan kita sendiri. Semakin berat tubuh kita, akan semakin brat beban yang harus kita angkat. Contoh, orang yang memiliki berat badan 50kg akan lebih mudah melakukan pull up dibandingkan orang dengan berat badan 100kg. Jadi usahakan untuk mengurangi berat badan anda agar dapat melakukan exercise ini.

Inverted Row

Untuk melakukan pull up dibutuhkan otot punggung yang kuat (Latissimus Dorsi). Jadi untuk dapat melakukan pull up anda harus melatih otot punggung anda agar dapat mengangkat berat badan anda sendiri. Salah satu exercise yang dapat anda lakukan untuk memperkuat otot punggung adalah dengan melakukan inverted row. Coba lakukan inverted row sebanyak 4 set dengan repetisi sebanyak yang anda bisa. Lakukanlah exercise ini minimal 3x dalam seminggu, maka anda akan dapat melihat perubahan pada otot punggung anda.

Bent Over Row

Salah satu exercise terbaik untuk memperkuat otot punggung adalah bent over row. Bent over row memiliki banyak jenis salah satunya adalah  dumbbell bent over row dengan tangan satu seperti gambar diatas. Coba lakukan exercise ini sebanyak 4 set dengan 8 repetisi minimal 3x dalam seminggu. Berat dumbbell dapat disesuakan dengan kemampuan anda dalam melakukan repetisi dan set tersebut. Tambahkan berat dumbbell jika anda merasa bahwa anda sudah dapat melakukan repetisi dan set tersebut.

Lat Pulldown

Lat pulldown merupakan exercise yang hampir menyerupai pull up. Otot yang digunakan dalam melakukan lat pulldown sama ketika melakukan pull up. Perbedaan antara lat pulldown dengan pull up adalah lat pulldown mengangkat berat yang disesuaikan dengan mesin, sedangkan pull up mengangkat berat badan anda sendiri. Lakukanlah exercise ini dengan beban seberat mungkin dengan gerakan yang sebagus mungkin sebanyak 4-5 repetisi dan 4 set minimal 3x dalam seminggu. Beban yang berat dengan repetisi yang lebih sedikit merupakan cara untuk membangun kekuatan. Hal ini sangat membantu untuk dapat melakukan pull up.

Assisted Pull Up

Assisted pull up merupakan salah satu cara agar otot motorik anda dapat terbiasa dalam melakukan pull up. Assisted pull up mempunyai berbagai macam variasi seperti,  assisted pull up machine  seperti gambar di atas, menggunakan kursi atau dengan bantuan teman. Lakukan exercise ini minimal 3x dalam seminggu dengan repetisi sebanyak yang anda bisa sebanyak 4 set.
best health blogs
best health blogs